Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

PROPOSAL PENULISAN ILMIAH


BAB I
PENDAHULUAN

1.1       Latar Belakang Masalah
Reptil atau binatang melata adalah sebuah kelompok hewan vertebrata yang berdarah dingin dan memiliki sisik yang menutupi tubuhnya. Biawak adalah sebangsa reptil yang masuk ke dalam golongan kadal besar atau Varanidae. Biawak dalam bahasa sunda disebut sebagai bayawak, menyawak atau nyambik dalam bahasa Jawa, berekai dalam bahasa Madura, dan monitor lizard atau goanna dalam bahasa Inggris.
Biawak banyak macamnya. Yang terbesar dan terkenal ialah biawak komodo atau Varanus Komodoensis, yang panjangnya dapat melebihi 3 meter, dapat memburu rusa, babi hutan dan anak kerbau. Bahkan ada kasus-kasus di mana biawak komodo menyerang manusia, meskipun jarang. Biawak ini hanya menyebar terbatas di beberapa pulau kecil di Nusa Tenggara, seperti di Pulau Komodo, Pulau Padar, Pulau Rinca dan di ujung barat Pulau Flores. Biawak yang kerap ditemui di desa-desa dan perkotaan di Indonesia barat kebanyakan adalah biawak air. Panjang tubuhnya dari moncong hingga ujung ekor umumnya hanya sekitar 1 meter lebih sedikit, meskipun ada pula yang dapat mencapai 2,5 meter.
Biawak adalah hewan liar yang kini mulai banyak penggemarnya. Walaupun liar, hewan tersebut dapat dipelihara oleh manusia dan dapat dijinakan. Ketertarikan para pecinta reptil untuk memelihara biawak sebagai salah satu koleksi hewan peliharaannya selalu meningkat jumlahnya. Tapi ada beberapa kendala bagi para pecinta biawak di Indonesia yang hendak mencari tahu tentang jenis-jenis biawak tersebut. Seperti sulitnya untuk menemukan buku penjelasan tentang jenis-jenis biawak yang lengkap dan berbahasa Indonesia. Kemudian kondisi mobilitas penduduk yang begitu tinggi sehingga banyak diantaranya tidak dapat meluangkan waktu untuk mencari informasi di buku.
Salah satu solusi atas permasalahan tersebut adalah membuat suatu aplikasi pada telepon seluler. Hal ini disebabkan telepon seluler dapat dengan mudah untuk dibawa kemana-mana. Kini telepon seluler tidak lagi hanya digunakan untuk menelepon. Namun telah dapat digunakan sebagai kamera, perekam suara, dan aplikasi-aplikasi berguna lainnya.
Teknologi yang mendukung kemajuan telepon seluler kini adalah teknologi Android. Dengan menggunakan Sistem Operasi Android, maka telepon seluler dapat menggunakan berbagai macam aplikasi untuk mobile device, seperti aplikasi game, office tools dan lain-lain. Karena itu penulis tertarik untuk membuat Penulisan Ilmiah yang berjudul “Aplikasi Pengetahuan Biawak Berbasis Android”.

1.2       Batasan Masalah
Batasan masalah pada penulisan ilmiah ini adalah pada cara pembuatan aplikasi Pengetahuan Biawak Berbasis Android dengan menggunakan Eclipse-jee-indigo-SR2-win32 dan database SQLite. Aplikasi Pengetahuan Biawak ini hanya memberikan informasi mengenai daerah asal biawak, cara perawatan, tingkat stres, serta tingkat kesulitan pemeliharaan biawak.

1.3       Tujuan Penulisan
Adapun tujuan dari penulisan ini adalah untuk mempermudah pencarian jenis-jenis biawak tanpa perlu mencari dari buku satu persatu dan untuk memberikan informasi tentang daerah asal, tingkat stres, cara perawatan, serta tingkat kesulitan pemeliharaan biawak.





1.4       Metode Penulisan
Beberapa metode yang digunakan dalam penulisan ini adalah:
1. Pengumpulan Data
Untuk mengumpulkan data mengenai biawak, baik dari daerah asalnya, cara perawatan, tingkat stres, serta tingkat kesulitan pemeliharaan biawak. Penulis melakukan studi kepustakaan dimana sumber diambil dari browser di internet.
2. Perancangan
Penulis akan membuat perancangannya mulai dari flowchart diagram, serta navigasinya.
            3.Proses Pembuatan
Penulis akan menggunakan pemrograman Java dengan jdk-7u1-windows-i586, Eclipse-jee-indigo-SR2-win32 dengan plugin ADT-16.0.1, dan Android SDK installer_r16-windows untuk membangun aplikasi Android.
3. Implementasi
Pada tahap implementasi aplikasi akan di uji coba pada emulator Android yang ada di PC, dan untuk perangkat mobile nya aplikasi ini bisa dijalankan mulai pada ponsel Android versi 2.3.

1.5       Sistematika Penulisan
Bab I. PENDAHULUAN
Menjelaskan mengenai latar belakang penulisan ilmiah, batasan masalah, tujuan penulisan, metode penulisan serta sistematika penulisan yang digunakan.
Bab II. LANDASAN TEORI
Menjelaskan tentang teori-teori yang dipakai penulis dalam pembuatan Aplikasi Pengetahuan Biawak berbasis android yang meliputi: penjelasan tentang android, database, xml serta penjelasan mengenai biawak yang didalamnya meliputi jenis biawak itu sendiri.
Bab III. PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI
Menjelaskan mengenai perancangan aplikasi yang meliputi pembuatan user interface, source code program dan implementasi dalam pembuatan Aplikasi Pengetahuan Biawak.

Bab IV. PENUTUP
Berisi kesimpulan dan saran atas aplikasi yang telah dibuat.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar