Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Layanan Telematika dan Teknologi yang Terkait Antar-Muka Telematika

1.      Layanan telematika :

A.    Layanan informasi
penggabungan dari telekomunikasi digital dan teknologi komputer seperti GPS pada mobil.

B.      Layanan Kemanan
menyediakan keamanan informasi dan data agar tidak mudah terhapus atau hilang seperti encripsi, antivirus, dan sebagainya.

C.      Layanan Context Aware & Even Base
mengacu kepada kemampuan layanan network untuk mengetahui berbagai konteks, yaitu kumpulan parameter yang relevan dari pengguna (user) dan penggunaan network itu, serta memberikan layanan yang sesuai dengan parameter-parameter itu.

D.     Layanan Perbaikan Sumber
sebuah layanan yang berfungsi untuk penemuan layanan utilitas yang diperlukan. Layanan ini juga berfungsi untuk mempercepat kecepatan penemuan.
2.   Pada antarmuka pengguna telematika terdapat 6 macam fitur yang terkait, diantaranya:
A.   Head Up Display (HUD)
menampilkan data tanpa mengharuskan penggunanya untuk melihat ke arah yang lain dari sudut pandang biasanya. Walaupun HUD dibuat untuk kepentingan penerbangan militer, namun saat ini HUD telah digunakan pada aplikasi penerbangan sipil, kendaraan bermotor dan aplikasi lainnya.

B.   Tangible User Interface (TUI)
seseorang dapat berinteraksi dengan informasi digital lewat lingkungan fisik. Sebuah contoh nyata adalah Marmer UI Answering Machine oleh Durrell Uskup (1992) dan sistem Topobo pada balok-balok dalam LEGO

C.    Computer Vision
merupakan ilmu pengetahuan dan teknologi dari mesin yang melihat. Dalam aturan pengetahuan, komputer visi berhubungan dengan teori yang digunakan untuk membangun sistem kecerdasan buatan yang membutuhkan informasi dari citra (gambar).
Contoh aplikasi dari visi komputer mencakup sistem untuk:
a.  Pengendalian proses (misalnya, sebuah robot industri atau kendaraan otomatis).
b. Mendeteksi peristiwa (misalnya, untuk pengawasan visual atau menghitung orang).
c. Mengorganisir informasi (misalnya, untuk pengindeksan database foto dan gambar urutan).
d. Modeling benda atau lingkungan (misalnya, inspeksi industri, analisis citra medis atau model topografi).
e. Interaksi (misalnya, sebagai input ke perangkat untuk interaksi manusia komputer).

E.     Browsing Audio Data
merupakan metode browsing jaringan yang digunakan untuk browsing video / audio data yang ditangkap oleh sebuah IP kamera. Mendapatkan kamera IP pribadi alamat dan alamat server pribadi sehingga pasangan IP kamera dan kontrol kamera IP melalui kamera IP pribadi alamat dan alamat server pribadi compile ke layanan server melalui alamat server pribadi sehingga untuk mendapatkan video / audio data yang ditangkap oleh kamera IP, dimana server layanan menangkap video / audio data melalui Internet.

F.      Speech Recognition
Merupakan salah satu fitur antarmuka telematika yang merubah suara menjadi tulisan. Istilah ‘voice recognition’ terkadang digunakan untuk menunjuk ke speech recognition dimana sistem pengenal dilatih untuk menjadi pembicara istimewa.

F.    Speech Synthesis
merupakan hasil kecerdasan buatan dari manusia. Komputer yang digunakan untuk tujuan ini disebut speech syhthesizer dan dapat diterapkan pada perangkat lunak dan perangkat keras. Sebuah sistem text to speech (TTS) merubah bahasa normal menjadi pembicaraan.

sumber :
http://code86.wordpress.com/2009/11/19/layanan-interface-dan-fitur-fitur-telematika/
http://im-balance.blogspot.com/2011/10/layanan-informasi-keamanan-context.html
http://suwanto-design.blogspot.com/2010/11/teknologi-yang-terkait-antarmuka.html

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar